Senin, 07 Februari 2011

Apakah Muhammad Rasul..??

Rasul kata aslinya dalam bahasa Yunani Apostolos. Dijaman perjanjian lama, yaitu sebelum Yesus datang, istilah ini belum ada dan belum pernah digunakan untuk menyebut seorang hamba Allah. Bukan tanpa alasan dalam Alkitab bahasa inggris diterjemahkan Apostle dan bukan delegate; dalam bahasa indonesia rasul.

Dalam pelayananNya Yesus mulai menyebut keduabelas muridnya dgn sebutan rasul. Sesudah itu istilah ini menjadi bagian dalam kekristenan dan merupakan sala satu dari lima Jawatan Rohani :
Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, (Eph 4:11)

ASAL MULA ISTILAH DAN JAWATAN RASUL

Kata Apostolos sering diartikan dengan utusan. Sedangkan kata "Utus"adalah Pempō dalam bahasa Yunani. Dan "RASUL" adalah kata yang dipakai untuk orang-orang yg menjadi perwira angkatan laut atau pemimpin dari sebuah kapal dagang. Istilah itu juga dipakai untuk suatu armada (kapal) atau expedisi yang diutus untuk tujuan tertentu; untuk laksamana yang mengatur seluruh armada atau juga untuk koloni yang dirintis dan didirikan oleh laksamana yang bersangkutan; untuk utusan atau duta besar suatu negara (Ing:Ambasador).

Kata itu merupakan bentukan dari kata dasar yang berarti orang yang diutus pergi dari suatu tempat ke tempat lain untuk suatu tugas sebagaimana sudah dijelaskan Sebelumnya. Secara unik, yang lebih ditekankan oleh pemakaian kata rasul itu adalah hubungan atara pihak yang diutus dan yang mengutus. Dalam tradisi pemerintahan Romawi yang mengutus adalah Kaisar/Raja dan yang diutus disebut Rasul/Apostolos.

Yesus yg dinubuatkan dan dipercaya oleh murid-murid bahwa dia akan menjadi seorang "Raja/Kaisar" (Mesiah). Jika diteliti dalam kisah-kisah Yesus dan murid-murid, maka kita akan melihat bahwa pada mulanya ke 12 murid sempat mengira bahwa mereka akan menduduki jabatan secara politik jika Yesus menjadi raja di israel. Sampai ada yg sudah meminta kursi satu disebelah kiri dan lainya kanan dari singgasana Yesus. TETAPI KEMUDIAN YESUS MENYATAKAN BAHWA KERAJAAN DAN PEMERINTAHANNYA BUKAN DARI DUNIA INI.

POKOK ANGGUR YG BENAR

Berbeda dengan nabi, Rasul tidak diutus secara langsung oleh Allah tetapi oleh seorang "Raja Messias/Almasih". Sebagaimana dalam pemerintahan Romawi Kuno rasul tidak dapat mengutus dirinya sendiri karena rasul diperlengkapi secara logistik dan dibiayai oleh kerajaan. Rasul tidak dapat berdiri sendiri diluar messias yang mengutusnya. Yesus mengumpamakan ini dengan "Pokok Anggur" dan rasul-rasul adalah cabang-cabangya :
Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.
(Yoh 15:4-5)

Alkitab menubuatkan bahwa yang satunya adalah pokok anggur dan yg satunya lagi adalah semak duri :
Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
(Mat 7:16 )

"Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.
(Mat 7:15)
Pohon dikenal dari buahnya. Saya membalik urutan kedua ayat diatas untuk mempermudah pemahaman.

Dari sini kita sudah bisa mencium bau busuk, jika seandainya ada terjadi penyesatan di dalam suatu sekte ataupun aliran agama yang mengunakan istilah Rasul dengan seenaknya dan tanpa pengertian yang benar mengenai istilah yang mereka gunakan...!!!

RASUL KERAJAAN ALLAH

"Rasul Kerajaan Allah" punya penugasan yg spesial dari Tuhan melalui Mesias :
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, (Mat 28:19)

Fungsi Apostolik secara Theologis :

Rasul adalah keduabelas murid Yesus (Fungsi apostolik semula) :
Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu. (Rev 21:14)

Dalam tradisi gereja2 Ortodox hal ini merupakan "Otoritas Kristus" yg dikaruniakan kepada kedua belas rasul dan kemudian diturunkan kepada penerus atau uskup-uskup gereja yg diangkat secara resmi (Fungsi apostolik tetap) :
Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, (Eph 4:11-12)

Dalam gereja moderen khususnya dalam kalangan protestan, rasul juga dikenal dengan istilah misionaris...!!!

MUHAMMAD DAN ISLAM

Yahudi dan kristen keduanya datang dari Iman Abraham/Ibrahim. Tapi belakangan Islam juga menyatakan berasal dari Abraham. Dan sebagaimana kita semua tahu bahwa islam dengan bahasa Arab yg berakar dari bahasa Aramaic mengadopsi kebanyakan istilah-istilah dan sebutan dalam agama Kristen dan Yahudi diantaranya istilah Nabi dan istilah Rasul.

YG MEMBUAT PENULIS MENJADI SANGAT GELI DAN BERTANYA-TANYA, KENAPA MUHAMMAD MENYEBUT DIRINYA RASUL...???

1. Apakah muhammad seorang misionaris..??
2. Apakah muhammad seorang uskup..??
3. Berapa yg dibaptis muhammad..??

Sekali lagi saya nyatakan istilah rasul jangan digunakan seenaknya tanpa mengerti arti dari istilah tersebut...!!!
Mereka yang MENYEBUT dirinya RASUL, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, bahwa engkau telah mendapati mereka PENDUSTA. (Why 2:2)

Sebab orang-orang itu adalah rasul-rasul palsu, pekerja-pekerja curang, yang menyamar sebagai rasul-rasul Kristus. (2 Kor 11:13)

Muhammad bukanlah rasul karena muhammad sejak awal tidak memberitakan Kristus/Almasih tetapi sebaliknya manentang Kristus.

Tidak mungkin muhammad seorang rasul, karena muhammad dengan gamblang mengatakan bahwa dia mebawa agama. Dan yang lebih aneh lagi muhammad sudah punya nama untuk agamanya itu. Musa, Yesus, Budha, semuanya tidak ada yang membawa agama. Mereka membawa ajaran...! bukan agama. Hanya muhammad yg mengira bahwa Tuhan telah mengirim agama kedalam dunia.

Sebagaimana sudah kita bahas diatas yang mana rasul tidak akan pernah lepas dari Kristus, rasul tidaklah berdiri sendiri dan tidak akan ada dua rasul utama (Pokok Anggur), hanya akan ada satu rasul yg utama dan yang satunya lagi adalah SEMAK DURI, ini bisa kita lihat dari BUAH keteladanan, akhlak dan moral dari yang bersangkutan. Jika yang bersangkutan berani melakukan dosa zinah, percabulan, pedophil, dst. Maka dia tidak akan ragu-ragu BERDUSTA bahwa dia telah menerima wahyu.

Rasul adalah duta (Ambasador) untuk bangsa bangsa lain, kedua belas Rasul Kristus telah dipersiapkan oleh Yesus untuk bangsa-bangsa lain. Yesus rasul utama untuk bangsa Yahudi tetapi kedua belas murid, semuanya adalah untuk bangsa-bangsa lain. Hal ini menjadi jelas dgn penggunaan istilah RASUL. Perkataan Muhammad yg menyebut dirinya rasul sangat aneh, karena muhammad tidak pernah tinggal diluar arab.

Jaman para rasul dimulai, ketika jaman para nabi telah berakhir, nabi yang terakhir dan TERBESAR, lebih besar daripada musa telah dinyatakan dan disebut oleh Yesus :
Aku berkata kepadamu: Di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak ada seorangpun yang lebih besar dari pada Yohanes, namun yang terkecil dalam Kerajaan Allah lebih besar dari padanya."(Luk 7:28)
Jaman para nabi ditutup pada waktu Yohanes membaptis dan mentahbiskan Yesus sebagai Almasih. Yohanes adalah nabi yang matanya telah melihat Almasih dan mentahbiskanNya. Dialah Yohanes nabi penutup, dan Yesus berkata bahwa yang terkecil dalam jemaat kristen(Kerajaan Allah) lebih besar daripada Yohanes.
(bagi yg ingin tahu apa itu almasih baca saja http://victor10us.blogspot.com/2011/02/banyak-nabi-satu-al-masih.html )

Ini adalah link ttg seorang yg dijuluki Rasul Iman. Dia membangkitkan 20 orang dari kematian... hal yg tidak bisa dilakukan muhammad... http://en.wikipedia.org/wiki/Smith_Wigglesworth

1 komentar:

  1. Urusi saja diri mu sendiri dan apa yang kamu sebut dengan agama mu itu,jangan memprovokasi umat beragama. nama blog mu saja tidak sesuai isinya. untuk mu agama mu dan untuk ku agama ku. Oke... keep peace!!

    BalasHapus